Wednesday, 3 June 2015

Strategi Marketing : Diskon

Strategi Marketing : Diskon

Lanjut lagi belajar strategi marketing yang biasa digunain di mall dan toko-toko pada umumnya. Seperti yang mazuqon temuin di suatu mall ketika menjelang lebaran.

Toko-toko yang ada di mall itu saling bersaing memperebutkan pembeli. Selain strategi marketing yang digunakan dengan memberikan bonus, ada juga yang lebih waw lagi lho. Salah satunya ada yang berani memberikan diskon.

Banyak banget toko di mall yang bertuliskan “BAYAR SETENGAH HARGA” atau “DISKON 50%+30%”. Banyak banget pokoknya. Kamu juga pasti sering liatin hal-hal yang kayak gitu mah kan ya.

Tapi tentu saja, strategi marketing dengan menggunakan diskon ini tidak membuat si penjual merasa rugi, justru akan merasa lebih untung.

Tehnik dan strategi ini akan mempengaruhi calon pembeli secara psikologis. Dikiranya diskon beneran tapi nyatanya mereka para penjual itu menaikkan harga sesungguhnya jadinya akan menaikkan nilai barang, dan bahkan setelah diskon pun harganya akan sangat menguntungkan. Contohnya ni ya, ada celana jeans yang berlabel :

Rp 225.000,00

Rp 100.000,00

Dan biasanya para calon pembeli itu akan menilai bahwa cilai celana itu adalah beneran seharga  Rp 225.000,00. Sekali lagi mazuqon katakan bahwa ini adalah strategi menaikkan nilai, bukan menaikkan harga.

Strategi marketing seperti ini masih banyak terjadi dikalangan masyarakat. Ada yang pro dan ada juga yang kontra. Ada yang bilang kalau konsumen saat ini udah lebih pinter, mereka gak bisa dibodohi, pastinya para konsumen bakalan melihat dan memperhitungkan kualitas produk dan harga sebenarnya.

Dan memang benar adanya kalau semua orang itu bisa menghitung. Menghitung dengan menggunakan logika. Mungkin strategi ini bakalan gak ampuh kalau target pasarnya adalah pria sebab pria tentu akan menghitung sesuai dengan logika dan otak mereka. Menurut mazuqon strategi in ibakalan ampuh banget kalau target pasarnya adalah para wanita yang doyan belanja. Walaupun mereka bisa menghitung, tapi secara psikologis label diskon itu akan mempengaruhi hatinya untuk membelanjakan uang yang mereka miliki, karena alam bawah sadar para wanita kebanyaan akan sangat tertarik jika melihat diskon. Dan ini strategi yang sangat ampuh. Dijamin !

Mazuqon coba tanya-tanya ke manajer yang ada di toko itu, sebenarnya berapa omsetnya sih kalau make strategi marketing diskon seperti itu? Dan ternyata jawabannya adalh hampir seratus juta dalam satu malam. FANTASTIS! PECAH !

Ini bisa jadi pelajaran yang berharga bagi kamu yang ingin berbisnis, baik bisnis online maupun offline yang target konsumennya adalah para wanita, seperti bisnis pakaian wanita, aksesoris wanita, dan masi banyak deh. Coba pake strategi marketing diskon seperti ini. Bakalan kebanjiran konsumen gak ya? Monggo buktikan saja. 

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Aturan :
✔ Gunain bahasa yang jelas ya bro
✔ Usahain komentarnya relevan ama artikel yang di posting
Makasih.

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com