Lanjut lagi
belajar strategi marketing yang biasa digunain di mall dan toko-toko pada
umumnya. Seperti yang mazuqon temuin di suatu mall ketika menjelang lebaran.
Toko-toko
yang ada di mall itu saling bersaing memperebutkan pembeli. Selain strategi
marketing yang digunakan dengan memberikan bonus, ada juga yang lebih waw lagi
lho. Salah satunya ada yang berani memberikan diskon.
Banyak
banget toko di mall yang bertuliskan “BAYAR SETENGAH HARGA” atau “DISKON
50%+30%”. Banyak banget pokoknya. Kamu juga pasti sering liatin hal-hal yang
kayak gitu mah kan ya.
Tapi tentu
saja, strategi marketing dengan menggunakan diskon ini tidak membuat si penjual
merasa rugi, justru akan merasa lebih untung.
Tehnik dan
strategi ini akan mempengaruhi calon pembeli secara psikologis. Dikiranya
diskon beneran tapi nyatanya mereka para penjual itu menaikkan harga
sesungguhnya jadinya akan menaikkan nilai barang, dan bahkan setelah diskon pun
harganya akan sangat menguntungkan. Contohnya ni ya, ada celana jeans yang
berlabel :
Rp
225.000,00
Rp 100.000,00
Dan
biasanya para calon pembeli itu akan menilai bahwa cilai celana itu adalah
beneran seharga Rp 225.000,00. Sekali lagi mazuqon
katakan bahwa ini adalah strategi menaikkan nilai, bukan menaikkan harga.
Strategi
marketing seperti ini masih banyak terjadi dikalangan masyarakat. Ada yang pro
dan ada juga yang kontra. Ada yang bilang kalau konsumen saat ini udah lebih
pinter, mereka gak bisa dibodohi, pastinya para konsumen bakalan melihat dan
memperhitungkan kualitas produk dan harga sebenarnya.
Dan memang
benar adanya kalau semua orang itu bisa menghitung. Menghitung dengan menggunakan
logika. Mungkin strategi ini bakalan gak ampuh kalau target pasarnya adalah
pria sebab pria tentu akan menghitung sesuai dengan logika dan otak mereka.
Menurut mazuqon strategi in ibakalan ampuh banget kalau target pasarnya adalah
para wanita yang doyan belanja. Walaupun mereka bisa menghitung, tapi secara
psikologis label diskon itu akan mempengaruhi hatinya untuk membelanjakan uang
yang mereka miliki, karena alam bawah sadar para wanita kebanyaan akan sangat
tertarik jika melihat diskon. Dan ini strategi yang sangat ampuh. Dijamin !
Mazuqon
coba tanya-tanya ke manajer yang ada di toko itu, sebenarnya berapa omsetnya
sih kalau make strategi marketing diskon seperti itu? Dan ternyata jawabannya
adalh hampir seratus juta dalam satu malam. FANTASTIS! PECAH !
Ini bisa
jadi pelajaran yang berharga bagi kamu yang ingin berbisnis, baik bisnis online
maupun offline yang target konsumennya adalah para wanita, seperti bisnis
pakaian wanita, aksesoris wanita, dan masi banyak deh. Coba pake strategi
marketing diskon seperti ini. Bakalan kebanjiran konsumen gak ya? Monggo buktikan
saja.
0 komentar:
Post a Comment
Aturan :
✔ Gunain bahasa yang jelas ya bro
✔ Usahain komentarnya relevan ama artikel yang di posting
Makasih.