Skip to content
Diagram proses bisnis untuk proses rekrut karyawan :
Keterangan Gambar Flowchart :
- Departemen user membutuhkan Karyawan baru diluar rencana mutasi atau
promosi dari dalam Departemen sendiri dengan mengisi blanko kebutuhan Karyawan
(Form-HRD-26)
- Kebutuhan Karyawan baru tersebut dimintakan persetujuan Direktur atau
Manager, baik jumlah, persyaratan jabatannya, maupun waktu dibutuhkannya.
- Apabila tidak atau belum mendapat persetujuan dari Manager/Direktur, maka
kebutuhan Karyawan tersebut di cansel.
- Apabila mendapat persetujuan dari Direktur atau Manager, HRD menerima
dokumen kebutuhan Karyawan tersebut untuk diproses lebih lanjut.
- Departemen user menerima form kosongan persyaratan jabatan (form-HRD36) dan
tugas jabatan (Form-HRD-38) dari Departemen HRD untuk diisi dengan lengkap.
- Berdasarkan form isian Persyaratan Jabatan dan Tugas Jabatan dari
Departemen user, HRD bisa melakukan seleksi arsip lamaran kerja yang sudah
masuk sebelumnya (Bank data pelamar).
- Apabila ada arsip lamaran yang cocok dan memenuhi kualufikasi dengan
kebutuhan, HRD tidak perlu hunting pelamar ketempat lain atau pasang advertensi
dimedia massa.
- Apabila arsip di Bank Data Pelamar tidak ada yang cocok dengan kebutuhan,
HRD melakukan hunting kepasar tenaga kerja, job fair, atau pasang advertensi
dimedia massa termasuk di internet.
- Pencari kerja memberikan respon terhadap advertensi yang telah disebar baik
berupa dokumen lamaran by postmail ataupun berupa email yang masuk ke team
rekruitmen HRD.
- Tes seleksi Karyawan yang dilakukan oleh HRD didahului dengan pengisian
biodata Karyawan (Form-HRD-23) yang selanjutnya diikuti dengan wawancara
terstruktur.
- Departemen user ikut melakukan wawancara teknis yang fokus pada tugas
pekerjaan dan ketrampilan wajib yang harus dikuasai. Hasilnya disimpulkan
secara tertulis didalam form 'hasil test' (Form-HRD-37) yang sebelumnya telah
diterima, kepada Departemen HRD.
- Departemen HRD mengirimkan peserta test yang telah lolos seleksi wawancara
dan test ketrampilan ke Lembaga Independence untuk mengikuti psichotest.
- Departemen HRD melakukan evaluasi dan membuat rekap hasil test sesuai
dengan rankingnya , permintaan gajinya, kesiapan mulai kerjanya termasuk
memberikan rekomendasinya kepada Manajer atau Direktur dengan Form-HRD-37.
- Manajer atau Direktur menerima dokumen rekap hasil test yang telah dilakukan
HRD untuk mendapatkan persetujuan.
- Departemen user menerima Karyawan baru dari hasil rekruitmen untuk mulai
bekerja.
- Selesai.
0 komentar:
Post a Comment
Aturan :
✔ Gunain bahasa yang jelas ya bro
✔ Usahain komentarnya relevan ama artikel yang di posting
Makasih.